Selasa, 23 Juni 2020

Halal Bi Halal Resimen Mahasiswa Mahawarman IPB University dan Alumni, Bangun Kontribusi untuk Almamater


Sumber : ipb.ac.id/halal-bi-halal-resimen-mahasiswa-mahawarman-ipb-university

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiwa (MENWA) Mahawarman IPB University pada hari Minggu, 21 Juni 2020 menyelenggarakan halal bi halal virtual bersama alumninya dengan tema saling mengenal dan memperluas persaudaraan.  Acara yang berlangsung dengan hangat dan penuh kekeluargan ini diikuti oleh anggota dan alumni Menwa Mahawarman IPB University sejak tahun 1964 hingga tahun 2019. Hal ini menunjukkan keterikatan yang kuat antar generasi untuk tetap membangun persaudaraan. Kehadiran alumni dan anggota aktif  hingga 82 orang peserta, dengan rentang perbedaan angkatan hingga 56 tahun tidak mengurangi cairnya suasana halal bi halal tersebut.

 Acara yang dimulai dengan Menyanyikan lagi Indonesia Raya,  Mars Mahawarman dan pembacaan Panca Dharma Satya sebagai janji Resimen Mahasiswa berlangsung dengan suasana yang penuh kenangan dan semangat untuk membangun kebersamaan.

Dalam sambutannya  Prof. Soemardjo yang aktif sebagai Pembina Menwa Mahawarman IPB University dan Ketua Alumni Menwa IPB University, di samping tugasnya di Pusat Studi Resolusi Konflik dan Pemberdayaan Masyarakat (CARE – LPPM. IPB) menyampaikan bahwa dalam suasana lebaran ini agar saling mengikhlaskan untuk saling memaafkan. Selain itu beliau juga berpesan bahwa hanya ada satu wadah Alumni Menwa IPB University yang tidak ada mengenal sekat sekat. Adapun yang aktif di berbagai organisasi lain, ketika kembali berkumpul maka memiliki kesamaan sebagai Alumni Menwa IPB University yang saling menghormati satu sama lainnya dan tidak membeda-bedakan sehingga lebih solid.

 Alumni Menwa saat ini sudah mengkonsolidasikan diri dan pada tahap penelusuran alumni untuk melangkah pada hal-hal yang lebih produktif dan konstruktif demi bangsa dan Negara maupun untuk pembinaan Menwa IPB University. Menwa IPB University diharapakan juga dapat bersinergi untuk melangkah ke depan dengan lebih konstruktif”, ujar dosen IPB University dari Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) yang juga aktif di Pusat Studi Resolusi Konflik dan Pemberdayaan Masyarakat (CARE), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University.

Sementara itu Profesor H.M.H Bintoro yang mewaki alumni dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pimpinan IPB University mengharapkan agar Menwa terus ada di IPB University dalam membantu tugas tugas rutin di IPB seperti kegiatan protokoler, upacara dan wisuda.  Lebih dari itu Menwa merupakan warga terlatih dan memiliki pengetahuan dalam mempertahankan Negara. Tugas tersebut bukan milik TNI/Polri saja, mempertahankan Negara adalah tanggung jawab bersama. Sekiranya mahasiswa bisa menjadi komponen bangsa terlatih yang siap membela Negara maka akan sangat membantu bangsa dan Negara ini.   Profesor yang ahli di komoditas sagu ini juga berpesan agar senantiasa menjaga kerukunan dengan prinsip jadikan lawan menjadi kawan, dan  kawan menjadi saudara”. Menwa tetap kompak dan akur sehingga dapat secara berkesinambungan membantu  membesarkan IPB University sebagai Almamater.

Beberapa alumni yang hadir juga bercerita bagaimana ketertarikannya akan Menwa, salah satunya adalah dari kedisiplinan dan semangat dalam beraktivitas yang disampaikan oleh Dr. Imam Soeseno. Seperti yang tercemin dalam lagu “Semerah darah sebening air mata”.

Semerah darah sebening air mata
itu semboyan kita
majulah ayo maju pantang menyerah
sebelum kita menang pasti menang...
ingatlah selalu akan tugas wajibmu
dengan insaf dan sadar
junjunglah selalu nama korps kita
Resimen Mahawarman

Menurut Dr. Yudi Wahyudin yang aktif sebagai peneliti di Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Laut (PKSPL) IPB,  halal bi halal ini  merupakan ajang silaturahmi paling proporsional yang dapat dilakukan saat ini, jumlah alumni yang hadir merepresentasikan angkatan diksar yang cukup distributif.  Secara substansi acara silaturahmi serupa perlu dilakukan, tentunya dengan kemasan dan substansi yang berbeda. Materinya bisa dikemas sesuai dengan kompetensi masing-masing namun diarahkan untuk kepentingan mengisi dan mengaktualisasi nilai-nilai bela negara sehingga penguatan manifestasi dari motto Widya Çastrena Dharma Siddha bisa lebih terwujud. 

 Nilai bela negara bisa menjadi salah satu perekat tujuan bersama sebuah wadah yang termasuk ke dalam embrio dasar dan indikator hadirnya sebuah organisasi, disamping keberadaan leader & followers nya.  Semoga silaturahmi ini bisa memperkuat persatuan, meminimalisir ego, memperbesar empati, memperpanjang range toleransi dan menegaskan tujuan bersama dari sebuah wadah organisasi yang lebih representatif dan proporsional dan terhindar dari mental box  opini sendiri, melainkan lebih mendahulukan kepentingan bersama dalam rangka turut serta membangun sinergi aktualisasi nilai bela negara untuk kepentingan bangsa dan negara, khususnya diantara para alumni dan anggota Menwa IPB University.

Old soldier never die, young soldier give their talent, and the organization will survive in harmony, peaceful and useful for all the passengers who already inside and for the future generations.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Dr Yudi, Dr. Ridwan Hasan Saputra sebagai seorang Alumni Menwa IPB University dan Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) juga menyampaikan bahwa  Acara halal bi halal ini bagus untuk mendekatkan yang jauh dan merapatkan yang dekat. Beliau juga berharap dari halal bi halal bisa menggabung yang terpisah dan yang berserakan, sehingga  bisa jadi satu kumpulan yang menguatkan dan memberi manfaat bagi menwa aktif dan IPB University sebagai rumah besarnya.

Acara ini juga dihadiri Mayor Laut (PM) Wahyu Widiastono, S.P.,  M.H., M.Tr.Opsla, alumni yang sekarang berkarir di TNI Angkatan Laut. Menurut alumni yang berdinas di POM Lantamal V ini, kekompakan dan soliditas Alumni Menwa IPB University dapat memberikan kontribusi positif bagi Almamater IPB University dan Menwa IPB University kedepan. Hal senada disampaikan juga oleh Ir. Tohir yang bergabung dengan menwa pada tahun 1982.

Kesan dari jalannya acara tersebut sesuai dengan tema yang diangkat dan semoga dapat tetap mengikat tali silaturahmi bagi seluruh Menwa aktif maupun alumni demikian disampaikan oleh Roni Fitrianto, S.Pi, M.Si sebagai Sekjen Alumni Menwa IPB University dan Syifa Nurahma yang menjabat sebagai Komandan Menwa Mahawarman IPB University yang juga mahasiswa Program Studi Teknologi Produksi dan Pengembangan Masyarakat Pertanian Sekolah Vokasi.


Berita terkait:

0 komentar:

Posting Komentar