Minggu, 16 Agustus 2015

Permainan Matematika Militer Sudah Mulai Dikenal Luas




Permainan Matematika Militer (Military Math Game/MMG) yang diciptakan oleh Ridwan Hasan Saputra (Wakil Ketua Korps Menwa IPB yang juga Pelatih Olimpiade Matermatika Internasional) melalui lembaga Klinik Pendidikan MIPA - KPM yang didirikannya sudah mulai dikenal luas. Dari beberapa kali pelatihan di berbagai lokasi menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan.

Sejak diluncurkan di Kota Bogor pada Bulan November 2014. Beberapa lokasi pelaksanaan pelatihan Permainan Matematika Militer diantaranya di Kodim 024/Sbj Kabupaten Aceh Timur, Kodim 0606 Kota Bogor, Korem 084/Bhaskara Jaya Surabaya. Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan adalah Olimpiade Matematika antar putra-putri TNI di lingkungan Korem 061/Suryakancana pada bulan Mei 2015. Setelah sebelumnya sejak tahun 2014 banyak putra-putri anggota TNI di wilayah Bogor yang meliputi Yonif 315/Garuda, Kodim 0606 Kota Bogor, dan Yon 23 Kopassus Bogor belajar di KPM.

Pengenalan Permainan Matematika Militer merupakan sebuah cara dimana para peserta mampu mengasah kemampuan berhitung serta mengimplementasikan program Komsos Kreatif. Sedangkan tujuan dasar dari permainan ini adalah untuk memperkenalkan tanda-tanda pangkat dalam kemiliteran, kemudian menumbuhkan rasa cinta terhadap TNI dan tanah air, dan yang tak kalah pentingnya adalah membentuk nilai kejujuran dan sportifitas, yang nantinya permainan ini akan di berikan ke sekolah-sekolah secara bertahap oleh para Babinsa setempat


Permainan ini dapat dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa dengan tujuan dapat belajar matematika juga sekaligus sebagai alat memperkenalkan TNI kepada anak usia dini. Anak-anak yang bermain dapat mengenal TNI melalui gambar alat dan persenjataan yang tertera pada permainan, serta kepangkatan yang ada di TNI baik angkatan laut, udara maupun darat. Perlengkapan bermain pada permainan ini adalah papan matematika, dadu, kancing dan tanda pangkat, ada kolom tamtama sampai bintara, anak-anak akan diajarkan menghapal pangkat di militer dan ada konsep bilangan ganjil, prima dan pangkat dalam permainan ini. Sekilas diamati permainan tersebut menyerupai permainan "monopoli" tetapi setelah dimainkan, permainan merupakan kombinasi antara "monopoli" dan ular tangga. Karena dalam permainan tersebut ada empat tingkatan, masing-masing pemain harus memperoleh dua pangkat untuk lanjut ke tingkat berikutnya. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang, tiga hingga maksimal empat orang. Mereka yang menang adalah yang dapat mengumpulkan delapan pangkat di masing-masing tingkatan.



Kopda Sulaiman (Babinsa Ramil 024/Sbj Kab. Aceh Timur) mensosialisasikan Permainan Matematika Militer (MMG) di SD Negeri Seulemak Kec. Serba Jadi-Aceh Timur pada 15 Mei 2015.

Melalui permainan ini juga dapat mengasah daya ingat, serta pemahaman mengenai bilangan prima, ganjil dan pangkat dalam ilmu matematika. Permainan tersebut juga bisa dikembangkan untuk institusi lain seperti kepolisian, sehingga tidak menutup kemungkinan permainan lainnya dapat dihasilkan. Peluncuran Permainan Matematika Militer diikuti oleh ratusan anak yang merupakan siswa KPM dari berbagai sekolah di Kota Bogor.

Semoga Permainan Matematika Militer ini dapat direspons oleh dunia pendidikan dan disebarluaskan secara nasional baik di kalangan militer maupun sipil.

0 komentar:

Posting Komentar